Review Komik Panti Jomblo, Karya Rengga Firmandika-Aulia Fajarullah

Sampul Depan Komik

Deskripsi Buku

Judul Buku    : Panti Jomblo
Pengarang     : Rengga Firmandika-Aulia Fajarullah
Penerbit         : Mediakom Yogyakarta
Tahun Terbit  : 2013
Tebal Buku    : 132 halaman
ISBN                : 978-979-877-366-2
Ukuran Buku : 13 x 19 cm

Review Komik

Hai! Lama tak jumpa! Setelah beberapa bulan lalu vakum ditelan kesibukan, akhirnya bisa balik lagi nih di blog tercinta ini. Pada kangen kaga yah? Bodo amat dah yang penting saya mau nulis. Jadi ya stay tune saja yak.

Lalu apa yang hendak saya bahas di kesempatan kali ini? Ya, sesuai judul. Memang saya mau review sedikit tentang komik. Kenapa komik? Barangkali ada yang nanya begitu. Ya ini sekedar untuk penyegaran aja, karena di postingan-postingan saya sebelumnya selalu saya bahas materi yang mungkin dirasa "menjemukan" bagi sebagian orang. Maka dari itu, komik saya pilih karena lebih ringan dan ga terlalu mikir nanti pas baca review ini. Oke, langsung saja bahas komiknya yak.

Komik ini bercerita mengenai kehidupan tiga sekawan yang memiliki sifat dan keunikan masing-masing. Ketiga sekawan ini masing-masing bernama Kikoy, Cungkring dan Ijal. Tiga halaman komik di awal menjelaskan ketiga tokoh ini dari sudut pandang yang kocak. Watak dan ciri dari ketiga tokoh utama dalam tokoh ini lumayan tergambarkan jelas di awal. Ketiganya absurd memang, dari awal aja udah kelihatan sih. Jadi jangan heran dengan kekocakan yang mereka timbulkan di halaman-halaman berikutnya.

Salah satu yang gokil adalah deskripsi salah satu tokoh utama bernama Kikoy. Deskripsi tentang dia dituliskan begini:
MAKHLUK ABSURD SATU INI NAMANYA KIKOY, SALAH SATU CONTOH MANUSIA YANG BERBUAT DULU BARU BERFI.. NGGAK! DIA BAHKAN GA MIKIR SAMA SEKALI! PRESTASI TERBAIKNYA: PERNAH MAKE BAJU KAMPANYE CALEG + CELANA PENDEK + SENDAL JEPIT BUAT ACARA PROM NIGHT WAKTU SMP.
Gimana, udah dapet gambaran? Belum? Kebangetan dah.

Saya rasa dari segi cerita dan guyonan yang dibawakan oleh pengarang cukup menghibur dan menggelitik, karena memang cerita yang dibawakan lazim terjadi di kehidupan pada masa-masa remaja. Dari segi guyonan cukup mengocok perut, walaupun tak bisa dipungkiri ada beberapa bagian yang cukup garing. Topik yang diangkat secara garis besar dalam komik ini adalah mengenai perjuangan mereka mendapatkan pacar dan terlepas dari status jomblo yang mengganggu. 

Secara keseluruhan saya rasa komik ini menghibur sekali untuk pembaca. Bagian yang saya suka adalah bagian saat Kikoy menumpang sholat di rumah Ijal dan bagian saat Kikoy memulai rapat acara. Hingga detik saya menulis ini, saya selalu teringat dengan kekocakannya dan tertawa sendiri. Tentu saja masih banyak bagian lain dengan guyonan yang berbeda dan cukup mengocok perut yang tak bisa saya jabarkan satu persatu. Kelebihannya, komik ini tak akan membuat bosan walaupun dibaca lebih dari sekali. 
Jadi gimana, tertarik untuk membacanya?

Komentar

Postingan Populer